HOME

Aku ingin berbicara tentang pulang.Tempat untuk pulang.Dan kata kata ‘home’ menjadi pilihanku untuk melambangkan tempat pulang.
House mempunyai arti sama dengan home yaitu rumah sebagai kata benda,sebuah bangunan berdinding,atap,jendela dan pintu.Di dalamnya terdapat ruang untuk berbagai keperluan.
Home memiliki bermacam makna sesuai dengan kalimat yang dirangkai.

Setiap makhluk hidup baik binatang maupun manusia selalu memiliki hasrat untuk pulang. Ketika senja mulai datang.burung terlihat riuh berterbangan di atas pohon pohon besar yang tegak kokoh di sepanjang jalan didepan rumahku.Berputar putar kemudian menukik menyelinap diantara rimbun dedaunan,meninggalkan riuh cicit suara mereka.tak lama senyap.mereka telah kembali ke rumah mereka.sarang mereka.
Begitupun dijalan dan tempat tempat manusia berkumpul kesibukan terlihat jelas.Mereka bersiap siap untuk pulang setelah sepanjang hari berada di luar rumahTak perduli siapapun mereka apakah penjual sayur,pekerja kantor,seniman,guru,pelajar dan lain lain akan pulang.

Tetapi tidak semua mereka beruntung untuk kembali ke rumah mereka. Home mereka.Berbagai alasan dapat muncul sebagai penyebab.Yang ada mungkin adalah sebuah gedung besar.house. Sebagai tempat mereka melepas lelah,berlindung dari panas, hujan dan bahaya.untuk besok pergi
Kembali pada rutinitas biasa.
Home  bagi mereka sesuatu yang semu.Tidak adanya kenyamanan yang hadir pada jiwa mereka saat mereka kembali membuat pulang adalah suatu aktivitas rutin.Hubungan yang tidak hangat antara anggota keluarga membuat rumah hanya tempat dimana fisik mereka letakkan pada saat saat tertentu sementara jiwa mereka lelah dalam pencarian tempat beristirahat.

Pada kondisi lain mereka yang bernasib buruk memang tidak mempunyai tempat sama sekali untuk pulang.Bukan hanya secara fisik tetapi juga situasi yang tidak memungkinkan mereka untuk pulang.Gelandangan,fakir miskin,orang orang pelarian.Home untuk mereka adalah kampung halaman yang sudah hampir tidak mungkin untuk menjadi tempat mereka kembali.
Kita tentu masih ingat dengan usaha kasih sayang yang dilakukan bunda Theresa di India.Beliau mengerti dengan dangat baik akan kebutuhan manusia untuk mendapat tempat pulang.Mereka berhak mendapat kenyamanan tempat beristirahat untuk jiwa mereka walaupun hanya sedetik sebelum kematiaan.Persahabatan,perhatiaan dan kasih sayang.

Home juga memiliki pengertiaan munculnya penyesalan setelah kesalahan kesalahan yang mereka lakukan.Munculnya kesadaran untuk kembali pada situasi dan tempat yang seharusnya mereka ada.Pergumulan panjang pada pencarian bentuk di luar rumah yang semula mereka yakini kebenarannya.

Seiring pertambahan usia manusia semakin membutuhkan tempat untuk kembali.Tempat dimana mereka diterima apa adanya.Tempat  jiwa mereka merasa tenang dan tempat mereka memiliki alasan untuk tidak lagi pergi.

“Wind blew in,cloud was dispersed
Rainbow appears the crashes were bust
Please is the singing that I feeling good
Home at last I can do that I should

All it’s got to take is some home to make it
Blow away blow away blow away   ” 

      Blow Away by GeorgeHarrison

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: