TULI (CACAT PENDENGARAN)

Tuli atau cacat pendengaran banyak terjadi di sekitar kita.Cacat ini dapat muncul sejak lahir,disebut cacat bawaan atau terjadi setelah beberapa waktu kemudiaan.Kondisi penyebab dapat karena penyakit,kecelakaan atau bawaan /keturunan.
Untuk penyebab karena penyakit tersering karena adanya infeksi pada telinga yang merupakan lanjutan dari infeksi saluran nafas atas yang tidak di obati dengan baik.Anak-anak yang berulang sakit batuk-pilek dan daya tahan tubuh rendah rentan dengan kondisi gangguan pada telinga.Kondisi baru terperhatikan bila dari telinga anak keluar cairan yang berbau  tidak sedap.
Karena kecelakaan jelas terjadi setelah adanya perlukaan atau benturan yang secara langsung atau tidak langsung mengganggu fungsi pendengaran.
Pada cacat bawaan terjadi dengan adanya riwayat keluarga yang memiliki masalah pendengaran.Diturunkan secara genetik.

Tuli yang tejadi dapat pada sebelah pendengaran,kedua duanya,agak tuli atau tuli sama sekali.
Gangguan mungkin dapat diatasi dengan alat bantu dengar atau tidak.
Disini kita tidak berbicara tentang penyebab.
Bagaimana/apa yang perlu kita ketahui bila salah satu dari anggota keluarga mengalami hal tersebut.
Bagaimana efek kejiwaan pada mereka.
Bagaimana membangun kepercayaan diri dan kemampuan mereka beradaptasi dengan lingkungan.
Inilah hal tepenting yang patut kita simak

Cacat tuli tidaklah seperti cacat yang lain,yang dengan mudah dapat diketahui oleh orang lain,seperti buta,lumpuh,bisu.
Dengan bantuan indra yang lain maka komunikasi dapat berjalan biasa.

Bila salah satu keluarga  kita ketahui mengalami masalah pendengaran yang terlebih dahulu adalah menentukan penyebab
Menemui tenaga medis pada keadaan ini tentunya spesialis telinga hidung tenggorok.mencari informasi yang maksimal akan kondisi penderita
seperti apakah pendengaran dapat pulih kembali? Apakah gangguan masih dapat diatasi dengan alat bantu dengar? Apa saja yang harus diperhatikan dan dihindari untuk tidak memperberat keadaan? ‘ biasanya ada obat obat tertentu yang tidak boleh diberikan pada penderita gangguan pendengaran seperti antibiotik streptomisin.
Dengarkan saran yang diberikan.Bila memang sudah disarankan memakai alat bantu usahakan untuk menggunakan secepatnya.kondisi yang tidak kasat mata sering membuat penderita atau keluarga lalai.ketika masih dapat mendengar dengansedikit terbatas akan ada penolakan untuk memakai alat bantu.padahal pada kondisi sudah mulai muncul gangguan pada  memori kata kata yang terekam di otak.Ada kata kata yang tidak dapat lagi dimengerti.
Pada saat tuli sudah mulai berat  dan akhirnya memakai alat bantu, memori yang hilang menjadi hambatan yang cukup mengganggu atau sangat mengganggu.
Suara keras yang didengar tidak akanmemperjelas kata yang diucapkan.

Pada kondisi tuli sejak lahir yang harus dikerjakan adalah segera berkonsultasi pada pusat terapi bicara.karena anak yang tidak mendengar dan tidak terlatih bicara akan menjadi bisu.bantuaan terapi bicara akansangat berguna untuk mereka.

Secara kejiwaan mereka yang mengalami tuli akan menarik diri dari keramain atau komunikasi denan orang asing.
Perasaan terasing,bodoh  tidak dapat dimengerti ataupun perasaan enggan karena harus bertanya berulang-ulang.Menangkap reaksi tidak sabar dari lawan bicara pun menjadi kendala untuk mereka.
Pada kondisi ini sangat penting dari pihak keluarga untuk meyakinkan mereka untuk berani memperlihatkan sisi keterbatasan mereka pada orang lain
.tidak malu pada keterbatasan mereka.Membuat solusi kebuntuan komunikasi dengan membiasakan membawa buku catatan/coretan dan alat tulis
Memperhatikan gerak mulut lawan bicara akansangat bermanfaat.
Bila berkesempatan mendampingi mereka bersikaplah proaktif untuk memjelaskan bila mulai telihat komunikasi yang macet atau salah arah.
Berbicara dengan nada rendah,telebih dahulumenarik perhatiaan mereka dan ucapanlambat dan jelas tentu lebih mempermudah komunikasi dua belahpihak.

Tuli adalah sesuatu kelaianan panca indra yangtidak pernahdiinginkan olehsiapapun.Dan ketika keadaan itu muncul pada dirikita atau anggota keluarga maka kita perlu menerimanya dengan ikhlas dan sabar menjalani  nya tentu dengan catatan melakukan hal hal yang dapat menjadi solusi semua keterbatasan tersebut.
Tetaplah bersyukur dan bebahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: