WARTEG

Saya yakin anda semua tahu warteg. warung sederhana yang menyediakan bermacam rupa lauk pauk plus nasi. Harga murah dan seringkali mempunyai cita rasa yang enak.Kita akan duduk berkeliling di depan  lemari kaca yang diisi dengan masakan jadi.Anda tinggal memilih menu yang anda inginkan. Anda  pasti keluar dari tempat tersebut dengan perut kenyang tapi kantong tidak   bolong…!

Warteg  merupakan singkatan dari warung tegal.Mungkin dulu.. yang memulai usaha ini adalah orang tegal.warteg tersebar cukup rapat di sepanjang jalan. Pengunjung,pelanggan warteg biasanya adalah pekerja kelas menengah, buruh, tukang becak, atau anak kuliahan ,yang jelas mencari tempat makan yang tidak mahal. Sepiring nasi putih,lauk tempe goreng dan siraman kuah sayur  dan segelas teh manis hangat cukup mengenyangkan mereka.

Terus terang keberadaan warteg sangat membantu mereka yang  memiliki ekonomi pas-pas an.

Tapi ketenangan pikiran saya terganggu dengan adanya berita bahwa warteg akan di kenai pajak penghasilan. Latar belakang muncul nya rencana ini karena “mereka” mendapatkan data bahwa ada ribuan warteg yang tersebar di daerah tersebut. Lalu dengan mulai menghitung jumlah pajak per warteg dikalikan dengan jumlah warteg maka dapatlah nilai  setoran yang mungkin didapat.

Saya bukan praktisi apa-apa yang mengerti  seluk beluk pajak.Tapi saya berpikir secara logis saja. Bila ada beban pajak maka jelas akan dibebankan kepada konsumen melalui kenaikan harga makanan.Kalau sekarang saja mereka sudah pusing dengan harga bahan mentah lalu bagaimana dengan pajak? Kasihan… karena pengunjung  seperti yang kita ketahui adalah orang yang tidak mempunyai uang berlebih.Kenaikan 500 rupiah saja akan menghilangkan hak mereka untuk sepotong tempe goreng!

Batin saya mengeluh mengapa mereka tidak memakai sumber lain.Kita tahu didalam pemberitaan tentang pajak,bagaimana para petugas pemungut pajak kesulitan untuk menarik pajak dari orang-orang kaya.

Biarlah mereka menikmati warteg seperti sekarang.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: