Osteo Artritis

Osteo atritis disebut juga “Degenerative joint disease”. Terjadi karena proses perbaikan sendi tidak dapat mengimbangi kerusakan yang terjadi,sehingga terjadi perubahan degeneratif. Tulang rawan menipis bahkan dapat hilang samasekali.

Osteoatritis  sering mengenai sendi yang menahan berat badan trubuh,yaitu lutut,pergelangan kaki, panggul,meskipun dapat mengenai sendi lainnya seperti  tulang leher. Kerusakan pada tulang rawan menyebabkan gangguan pada gerak sendi.Akan muncul pada awalnya rasa kaku dan nyeri pada sendi yang terkena terutama pada waktu bergerak. Misalnya  bila yang terkena adalah sendi lutut,maka  anda akan merasa kaku atau nyeri pada lutut ketika akan bergerak dari duduk kembali tegak.

Adakalanya jaringan lunak disekitar sendi tersebut membengkak,merah dan panas.Ini menandakan adanya peradangan atau penyakit sendi lain .Karena pada proses degenerative saja tidak akan terjadi hal ini.

Osteoartritis sering timbul karena faktor usia.Semakin anda tua semakin sering anda mengalami artritis. Obesitas dan stress pada sendi yang menahan beban tubuh, kurangnya latihan /olahraga.

Pada pemeriksaan darah umumnya tidak terdapat kelainan.Pemeriksaan radiologi akan terlihat penyempitan dari rongga sendi, adakalanya terjadi perubahan bentuk tulang.

Obat-obatan penghilang nyeri bisanya diberikan bila terdapat nyeri  yang terasa cukup berat.Bila tidak biasanya diatasi dengan tindakan paliatif seperti merendam sendi yang sakit dalam air hangat selama 20-30 menit.,istirahat dengan posisi yang sesuai.Misalnya tidur telungkup pada osteoartritis sendi panggul. Obat  yang mengandung kortikosteroid yang biasanya diberikan pada penderita sendi  dengan penyakit yang lain seperti peradangan tidak  boleh diberika pada penderita yang hanya menderita penyakit sendi degenerative  saja. Karena hal ini akan menjadikan tulang keropos dan bukan tidak mungkin akan terjadi patah tulang spontan.

Fisioterapi, bantuan mekanik seperti sepatu khusus,korset dan mengurang obesitas dapat mengurangi keluhan dan tidak memperberat kondisi. Pembedahan akan dilakukan apabila kondisi sudah sangat berat dan nyeri yang tidak lagi tertahankan.

Disini perlu saya tekankan ,bila anda menderita permasalahan pada sendi, segeralah mendatangi  dokter anda. Jangan mencoba mengkomsumsi obat-obatan sendiri.Banyak pemahaman yang ada di masyarakat bahwa nyeri sendi berarti rematik ,maka obat yang dikomsumsi  mungkin saja tidak tepat. Perlu pengertian bahwa osteoporosis berbeda dengan osteoartritis. Pada osteoporosis terjadi pengeroposan tulang karena berkurang nya massa tulang karena kehilangan kalsium ,sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah.Pada osteoartritis terjadi kekakuan pada sendi karena  meni[pis atau menhilangnya tulang rawan yang menjadi bantalan  tulang sendi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: