ETIKA

Etika,budi pekerti, tata krama semua berhubungan dengan perilaku. Sikap seseorang maupun masyarakat.  Coba kita perhatikan, di tempat tempat kita dapat bertemu,berkumpul, suasana yang kita rasakan, nyaman atau tidak nyaman,aman atau tidak aman, akan sangat dipengaruhi oleh sikap orang-orang yang ada disekitar kita saat itu.

Pada saat sekarang, etika bukan lagi me3njadi hal yang penting ,yang perlu diperhatikan ,disikapi oleh kebanyakan orang.Bukankah kita sering merasa kesal ketika seseorang dengan seenaknya menyela antrian di  kasir swalayan, melintasi bahu jalan  di jalan tol yang sebenarnya dipersiapkan untuk hal -hal penting,merokok di dalam kendaraan umum, berbicara kasar kepada pembantu rumah tangga. Banyak contoh lain yang dapat kita sebutkan.

Etika sangat erat hubungannya dengan tanggunga jawab. Mengapa? Karena etika mementingkan  sebab akibat dari sikap maupun perbuatan kita. KIta seharusnya bertanggung jawab pada perbuatan kita. Hal kecil yang sepertinya tidak mengakibatkan apa-apa dapat berubah menjadi hal yang tidak terduga. Etika lah yang menghentikan kebiasaan kita membuang sebuah bungkus permen seenaknya,mungkin karena kita berpikir ” ah.. barang kecil , repot cari tempat sampah “. Karena kita mengerti bahwa hal tersebut tidak pantas.Sampah sekecil apapun harus dibuang ke tempat sampah. Sampah bungkus permen itu akan terlihat mengganggu kenyamanan bila tergeletak di lantai ruangan yang sudah bersih rapi. Betulkan? Bisa kita bayangkan kalau ada seratus bungkus permen ,sepuluh gelas mineral bekas,satu bungkus sisa nasi ramas menumpuk di saluran air .Barang-barang itu menyumpal lubang saluran,dan ketika hujan lebat air meluap ke luar karena tidak bisa mengalir.

TIdak aneh kalau kita sering mendengar orang menggerutu, banjir di mana mana.Menggerutu kepada pemerintah yang tidak becus mengelola sampah yang menyebabkan banjir.Menggerutu  untuk banyak hal lainnya lagi.Menyalahkan pihak lain yang kita anggap bwertanggung jawab. Tapi kita lupa bahwa  kita pun bertanggung jawab untuk hal tersebut. Satu bungkus permen yang kita lemparkan ke dalam got tetaplah sebagai salah satu penyebab.

Etika juga mebentuk suasana kekerabatan ,hubungan sosial yang nyaman. Karena kita memperhatikan cara kita berbicara,bersikap kepada orang lain. Berkata sopan, bersikap semestinya kepada orang yang lebih tua, lebih muda, teman sebaya.  Hal ini mungkin dianggap remeh, tapi jelas tidak bisa dianggap  tidak penting.Apakah anda merasa nyaman ketika seseorang bertanya kepada anda dengan suara yang tidak ramah,sombong,sambil bertolak pinggang?

Etika tidak muncul begitu saja.Pada setiap individu akan erat hubungannya dengan sikap yang ada di dalam keluarga  dan lingkungan.Jangan mengharap anak kita berbicara sopan andaikan kita sering memaki di depannya, jangan harap anak anda akan antri dengan sabar bila anda senang menyela antrian orang lain walaupun anda beralasan belanjaan anda hanya sebotol kecap  sementara orang di depan anda belajaannya satu keranjang.Jangan harap anak anda tida menjadi koruptor apabila anda selalu berbicara tentang uang,uang dan uang.

Kita orang tua,bertanggung jawab penuh pada sikap dan kepribadian anak. Lingkungan memang mempengaruhi.Tetapi sedikit banyaknya hal-hal baik yang menjadi kebiasaan mereka sehari-hari akan menjadi pagar pelindung bagi  mereka.Mulailah untuk berhenti berpikir bahwa etika,perilaku yang baik akan muncul begitu saja.Bertumpu pada kepercayaan bahwa mereka sudah mendapat pendidikan di sekolah. Pendidikan yang tinggi, ekonomi yang mapan,kedudukan yang baik tidak bisa menjadi patokan apakah seseorang itu ber etika yang baik .

Bila setiap keluarga menghasilkan  satu anak ber etika yang baik,maka besar harapan kita bahwa masyarakat yang terbentuk adalah masyarakat yang baik dan lingkungan yang  baik pula.

Marilah kita mulai dari diri kita sendiri…

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: