KEHENINGAN PIKIRAN.

Keheningan pikiran adalah permata kebijaksanaan yang indah. Keheningan pikiran adalah hasil dari usaha pengendalian diri yang lama dan telaten.Kita menjadi hening dalam arti bahwa kita memahami diri kita sendiri sebagai makhluk dengan pikiran yang terus berputar.Dan kerena kita mengembangkan sebuah pemahaman yang benar dan melihat dengan semakin jelas hubungan internal antara benda-benda berdasarkan hukum sebab akibat, maka kita tidak lagi terlalu banyak cakap,khawatir, dan bersedih,dan tetap tegak,tegar dan tenang.

Orang yang kuat dan tenang selalu dicintai dan disegani.Mereka seperti pohon rindang yang menaungi tanah tandus atau batu padas tempat berlindung di kala badai. Orang-orang ini selalu bahagia,teduh dan tenang.Karakter luar biasa ini  merupakan pelajaran terakhir kebudayaan,kembang kehidupan,buah dari jiwa,berharga laiknya kearifa.

Berapa banyak orang yang mengacaukan kehidupan,merusak semua yang manis dan indah karena temperamen yang meledak-ledak,yang menghancurkan karakter mereka dan menjadikannya darah yang penuh noda!

Manusia dilanda nafsu yang tak terkendali,direcoki oleh kesedihan yang tak teratasi,dan diterjang kegelisahan dan keraguan .Hanya mereka yang pikirannya terkendali dan murni yang bisa membuat angin dan badai jiwa mematuhi perintah mereka.

Jiwa-jiwa yang dilanda badai,dimanapun engkau berada,dalam kondisi apa pun engkau hidup sekarang, camkanlah hal ini… Letakkanlah tanganmu kuat kuat di atas kendali pikiran.Didalam  jiwa mu,terdapat Tuan yang memerintah.Namun ,ia tertidur,bangunkan Dia.Kontrol diri adalah kekuatan.Pikiran benar adalah penguasaan.Ketenangan adalah kekuasaan.Teriakkan ke dala hatimu.”Tetap damailah!”.

Dikutip dari buku JAMES ALLEN( 1864-1912)

Maha karya inspirasional klasik  ,berjudul AS A MAN THINKETH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: