Kontrasepsi

Kontrasepsi atau pencegah kehamilan sudah dikenal sejak lama. Seperti pengertian kata pencegah,maka pemakaian kontrasepsi dimaksudkan untuk menghalangi pertemuan antara sel telur dengan sperma  yang dapat menyebabkan pembuahan .Pembuahan yang terjadi dan tertanam di dinding rahim itulah yang disebut kehamilan. Jadi jelas fungsi utama kontrasepsi adalah mencegah terjadinya kehamilan . Tapi dilihat dari jenis nya,kontrasepsi dapat juga berfungsi sebagai pencegah penularan penyakit kelamin atau penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS yang dapat terjadi melalui kontak  seksual.

Melihat dari fungsi kontrasepsi jelas manfaat utama nya untuk  perempuan. Dengan kontrasepsi seorang perempuan dapat  bertanggung jawab terhadap alat reproduksinya sendiri. Kehamilan  dengan semua resikonya, penularan penyakit , kehidupan yang lebih baik dengan perencanaan jumlah anak .

Kehamilan yang tidak diinginkan sangat mempengaruhi tingginya angka kematian perempuan akibat aborsi. Selama beberapa tahun terakhir 15-20 ribu perempuan indonesia meninggal karena kehamilan,42 persen diantaranya meninggal karena proses aborsi yang tidak aman.(dr.jayadilaga sp.og).Kontrasepsi yang dipergunakan dengan tepat akan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Jenis -jenis kontrasepsi yang tersedia bervariasi. Kita dapat memilih kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan  dan kondisi  masing-masing. Anda hanya perlu mendiskusikannya dengan  dokter atau petugas kesehatan yang ada di dekat anda.

Kontrasepsi hormonal berupa pil ,susuk,suntikan.

Pil  ,biasanya diberikan untuk yang memiliki siklus menstruasi teratur  .Pada perempuan yang menyusui pil juga dapat menjadi pilihan,karena tersedia pil khusus untuk yang sedang menyusui.Perbedaannya terdapat pada kandungan hormon yang  ada pada masing-masing pil.

Susuk, preparat hormon juga ,berbentuk tabung silindris yang sangat kecil dan disispkan dibawah jaringan kulit lengan atas. Dapat berfungsi beberapa tahun. Setelah itu dikeluarkan kembali jika sudah waktunya.

Suntikan ,juga preparat hormon,yang diberikan sekali sebulan atau tiga bulan sekali.

Kontrasepsi  dalam rahim,atau biasa disebut IUD atau spiral. Dapat berfungsi dalam waktu yang sangat panjang.

Kontrasepsi lainnya berupa alat yang dipergunakan sebagai pelindung pada saat berhubungan  intim saja.Kondom pada pria atau diafragma pada perempuan.

Sterilisasi pada pria maupun perempuan.

Metode lainnya untuk pencegah kehamilan adalah menyusui.Tapi jelas ada kriteria yang harus dipenuhi.

Memakai siklus waktu subur(kalender)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: