Depresi

Sudah  lebih sebulan,Ami merasa tidak nyaman. Perasaan sedih terus menerus,tidak bersemangat, putus asa,dan emosi yang kacau balau.Sedikit masalah sudah dapat membuatnya menjadi marah dan berteriak atau menangis.  tidak ada nafsu makan ,tidak berminat pada kegiatan sehari hari.Ami sendiri tidak mengerti apa yang terjadi pada dirinya,tapi terasa bahwa hal tersebut membuat dirinya sungguh sungguh tertekan.

Kondisi diatas sudah dapat kita katakan sebagai depresi.Depresi dapat disebabkan oleh faktor fisik atau psikologis. Pada penderita hipoglikemia juga muncul perasaan gelisah,pusing,mudah tersinggung karena pengaruh rendahnya kadar gula di dalam tubuh penderita. Tapi bila anda dapat menemukan sesuatu dalam hidup anda yang anda yakini sebagai penyebab depresi, maka anda mungkin mempunyai kasus depresi psikologis.  Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk mengatasi masalah anda.Baik penyebabnya faktor fisik maupun psikologis.

Menurut  teori psikologis modern (Dr Paul Hauck) ada tiga hal penyebab depresi.

1.Penyalahan diri.

2.Kasihan diri.

3.Kasihan pihak lain.

Penyalahan diri , bila anda terus menerus mengkritik diri,membenci diri, berpikir bahwa anda adalah makhluk hidup yang paling buruk,anda pasti menjadi depresi. Tidak jadi soal kesalahan apa pun yang anda timpakan kepada diri anda ,selama anda menganggapnya sebagai kesalahan anda maka anda akan depresif.

Kasihan diri , adalah merasa kasihan pada diri sendiri. Merasa diri anda tidak diperlakukan dengan adil. Kenyataan ini dapat merupakan kejutan ,sebaiknya anda belajar bahwa memaksa orang lain memperlakukan diri anda secara adil,bahwa kebaikan harus dibalas dengan kebaikan ,bahwa orang lain harus bersikap sesuai dengan keinginan anda adalah neurotis. Kita akan terkungkung kecendrungan menjadi depresif.

Kasihan pihak lain, hal yang tidak anda sadari menyebabkan anda merasa depresif.Persaan merana melihat keadaan  dan penderitaan orang lain yang berada di lingkungan anda .SEbagai contoh ketika salah seorang anggota keluarga anda menghadapi masalah yang berat dan dia terlihat begitu menderita,atau mengalami kecelakaan buruk  ,maka anda akan masuk  kedalam kondisi depresif  bila anda terus menerus  mengasihani mereka.

Menyalahkan,membenci diri sendiri adalah keliru. Mengasihani diri sendiri pun hanya akan menciptakan musuh yang paling buruk, mengasihani pihak lain  meremehkan kepercayaan diri mereka.

Ketiga hal tersebut  menjadi penyebab orang depresi secara emosional.Kondisi depresi yang timbul mulai dari ringan,sedang dan berat.Pengobatan awal dititik beratka pada mencari permasalahan emosi yang menjadi penyebab. Diharapkan dengan terapi psikologi kondisi depresi dapat dihilangkan.Keadaan yang  tidak  cukup dengan perlakuan tersebut biasanya akan dikombinasikan dengan pemberian obat-obatan tertentu  yang diberikan  dokter ahli jiwa.

Bagi anda yang mungkin merasa mengalami masalah salah satu emosi diatas  atau mengetahui salah satu anggota keluarga anda,rekan, memiliki masalah tersebut segeralah mencari pertolongan.Mencari informasi,membaca tulisan tulisan yang berhubungan dengan depresi, menemui pihak lain yang mempunyai kemampuan pada masalah tersebut.

Tulisan di atas hanyalah berupa penjelasan sederhana dari kondisi depresi. Masih sangat banyak dan luas hal yang dapat anda simak mengenai depresi pada sumber sumber lain.Jangan biarkan depresi merusak hidup anda atau hidup  orang yang dekat dengan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: