ANDROPAUSE

Menopause , istilah ini sepertinya tidak asing lagi untuk  kita. Kondisi  yang ditemui pada wanita diusia senja, meskipun kini banyak juga ditemui pada usia muda.Menopause dini, begitulah istilahnya.  Menapouse dini bisa saja terjadi pada pemakaian  obat-obatan tertentu,seperti  obat pelangsing badan yang dipakai tidak menurut aturan dokter,atau memakai beberapa obat sekaligus. Akibatnyaterjadi kerusakan pada sel telur yang menyebabkan tidak  lagi memproduksi hormon estrogen.

Tapi pernah kah anda mengetahui bahwa pada pria pun sebenarnya terjadi proses  seperti ini.Usia tua mempengaruhi kondisi seksual manusia. Bila pada wanita yang turun adalah kadar hormon estrogen, maka pada pria yang turun adalah kadar hormon testosteron.

Hanya pada wanita masa peralihan menuju menopause terlihat jelas,seperti berhentinya menstruasi. pada pria tidak lah terlalu nyata. Biasanya  gejala yang muncul sering dihubungkan dengan kondisi lain.

Testosteron  adalah hormon steroid yang merupakan hormon seks utama. Diproduksi oleh testis dan kelenjar adrenal.  Hormon ini sangat penting untuk perilaku seksual normal dan ereksi.  Selain itu Hormon ini mempengaruhi aktivitas metabolisme, fungsi imun,osteoporosis, dan lain lain. Umumnya penurunan hormon terjadi pada usia 40  an tahun, tapi ada juga yang mulai pada usia lebih lanjut.Selain faktor alami, penurunan ini juga dipengaruhi oleh faktor gaya hidup, merokok, alkohol, kurang berolah raga,kegemukan ,sters,depresi. (dr.BOYKE NUGRAHA,seksolog)

Tanda -tanda datangnya andropause muncul bertahap. Perubahan sikap,kelelahan, energi susut,gairah seks berkurang dan menurunnya kelincahan fisik(situs andropause,com) .Seiring dengan itu, terjadi kondisi rentan pada penyakit, massa dan kekuatan otot berkurang, resiko penyakit  jantung dan pembuluh darah meningkat.

Menurut psikolog Zainudddin Sri Kuncoro, pria pada fase andropouse memang mengalami penurunan rasa rasa kenyamanan,seperti lelah, depresi, bingung dan berkeringat malam hari.  Sering merasa sedih,pemarah,emosi tak terkontrol,daya ingat menurun,dan gangguan tidur.Terjadi juga gangguan hasrat seksual, kesuburan berkurang, komposisi tubuh berubah terutama meningkat nya lemak perut dan rambut berkurang.Keresahan  yang luar bisa cenderung berujung pada aspek fisik  karena pria  bersifat logis.

Terapi yang biasa diberikan adalah suntik hormon testosteron  atau HRT (hormone replacement therapies) .Tapi efeknya tubuh menjadi malas memproduksi sendiri testosteron.Jadi  para pria perlu menjaga gaya hidup,olah raga dan menghindari stres dan depresi(dr.BOYKE NUGRAHA,seksolog).

Mengenal andropause bermanfaat untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental menghadapi usia senja. Menghindari andropause dini yang disebabkan oleh perilaku  gaya hidup yang tidak tepat.  Hidup sehat dan berbahagia  di hari tua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: