racun disekitar kita,lewat dapur.

Membuat menu keluarga bukan perkara mudah.Selera keluarga,sebagai hal pedoman awal agar anggota keluarga dapat menikmati sajian dengan berselera. Setelah itu perlu pula dipikirkan telah memenuhi kebutuhan gizikah makanan tersebut?
Kita dapat m,empermudah hal ini dengan mengintip  saran menu yang sering ada di majalah atau media lain. Setelah itu menyusun menu mingguan.

Sekarang kita  tinggal membeli bahan yang diperlukan . Disinilah kesulitan yang utama muncul. Sehatkah bahan -bahan itu? Tidak dapat disangkal bahwa bahan makanan yang tersedia banyak yang terkontaminasi bahan yang berbahaya untuk kesehatan manusia.Ingatkah anda tentang masalah formalin,borax, pemutih, yang secara tidak bertanggung jawab diberikan pada bahan makanan  dengan berbagai alasan. Ikan sangat penting untuk kesehatan,dan menjadi pilihan utama sebagai sumber protein ,rendah kolesterol, mengandung omega dan lain dan lain yang banyak dituliskan dan di dorong pemakaiannya pada masyarakat. Tapi kita tidak yakin aman dengan pengawet formalinn! Menu lalapan juga pilihan sehat.Tapi bagaimana dengan pestisida yang yang disemprotkan untuk  menghalau hama? Begitu juga tempe,tahu tidak lagi kita yakini bahwa itu tidak mengandung campuran bahan lain, ikan asin, ayam potong maupun ayam olahan.

Bisa saja kita menutup mata dengan menganggap bahwa semua aman,toh sudah dikontrol oleh pemerintah.Tapi kontrol yang tidak terus menerus dan pemberian ganjaran pada pelaku yang  tidak membuat  jera ,menyebabkan  kemungkinan tersebut tetap ada.

Tanggung jawab para produsen makanan memang menjadi kunci permasalahan ini. Penjual yam tidak lagi memaksakan menjual ayam yang sudah mati/busuk dengan merendam dengan bahan berbahaya seperti pemutih, menipu pembeli dengan menjajakannya sebagai makanan olahan dengan harga murah. Tidak ada alasan rugi atau tidak tahu.Pembeli pun harus semakin jeli.Perhatikan dengan jelas tanda-tanda bahan segar yang sudah disebarkan pemerintah,tidak tergoda oleh bahan/makanan murah.  Kita tidak mengalami dampak itu segera.Perlu proses lama bahan -bahan berbahya itu menggerogoti organ tubuh kita. Sungguh…kita harus bertanggung jawab pada  kesehatan  keluarga.

Selayaknya kita meminta pemerintah bersungguh-sungguh menjamin kesehatan masyarakat  dengan memastikan tidak ada lagi bahan berbahaya yang beredar di pasaran,dengan memantau secara ketat dan berkesinambungan,memberi solusi pada penyedia bahan/produsen  agar dapat mempergunakan pengawet yang dibenarkan untuk mencegah kerugian, dan bentuk  tindakan lainnya yang menguntungkan kedua belah pihak,pembeli dan penjual.  Dalam hal ini yang jelas menjadi pihak paling dirugikan adalah pembeli.

Mari menjadi pembeli yang jeli dan berani untuk tidak membeli.Percayalah hal ini akan memberi dampak positif.Karena penjual tidak mendapat keuntungan apapun dengan tipu daya mereka.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: